Cara Alami Merawat Sakit Gigi

Spread the love
Sakit Gigi membuat aktifitas terganggu

Setiap orang pernah mengalami hal ini, sakit gigi adalah kondisi ketika muncul rasa nyeri di dalam atau sekitar gigi dan rahang. Biasanya dipengaruhi oleh gigi berlubang, tambalan gigi bocor, atau gigi sensitif. Tingkat keparahan nyeri tersebut bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga parah. Nyeri sakit gigi bisa terasa secara terus-menerus sepanjang hari atau bisa muncul dan hilang secara berulang-ulang tanpa menentu. Sering kali nyeri sakit gigi terasa memburuk ketika penderita makan atau minum (terutama makanan atau minuman yang panas atau dingin) dan ketika penderita berbaring di malam hari. Tentunya permasalahan ini sangat menggganggu aktifitas kita. Begini tips dan trik cara alami merawat sakit gigi.

Penyebab Sakit Gigi

Di dalam gigi terdapat pulpa gigi. Pulpa gigi merupakan lapisan terdalam dari struktur gigi yang terdiri atas pembuluh darah dan saraf sensitif. Sakit gigi terjadi ketika pulpa mengalami peradangan. Penyebab radang bisa bermacam-macam, di antaranya:

  • Pembusukan gigi (kondisi ini kerap diakibatkan oleh permukaan gigi berlubang).
  • Penumpukan nanah di dasar gigi akibat infeksi bakteri (abses periapikal).
  • Penyusutan gusi.
  • Gigi retak.
  • Tambalan yang rusak (pada gigi yang pernah ditambal).

Selain radang pulpa gigi, ada sejumlah kondisi lain yang bisa menyebabkan gejala nyeri menyerupai sakit gigi, di antaranya:

  • Sinusitis.
  • Abses periodontal.
  • Cedera pada sendi temporomandibular (sendi yang menghubungkan rahang dengan tengkorak kepala).
  • Pembengkakan gusi atau gusi pecah akibat gigi tumbuh.
  • Tukak gusi.
  • Tumbuh gigi (biasanya dialami oleh bayi dan anak-anak).

Cara merawat Sakit Gigi di Rumah

Sebaiknya temui dokter jika Anda mengalami sakit gigi untuk mencari tahu penyebabnya dan bisa diobati dengan tepat. Namun selama Anda belum dapat menemui dokter, ada beberapa cara yang bisa dilakukan merawat sakit gigi di rumah, di antaranya:

1. Bawang Merah

bawang merah
Bawang Merah berfungsi sebagai antiseptic

Bawang merah memiliki sifat antimikroba dan antiseptic sehingga dapat mengurangi sakit pada gigi berlubang. Caranya sedikit esktrim tapi ampuh. Bawang merah harus dikupas lalu dikunyah di dalam mulut. Jika tidak bisa mengunyah cukup oleskan pada bagian gigi yang berlubang.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis
Air Jeruk Nipis mampu meredakan sakit gigi

Cukup diperas langsung dan teteskan  di area gigi berlubang atau di kumurkan di dalam mulut. Memang sedikit perih mengingat ada rasa asam di dalamnya. Tapi jeruk nipis ini dengan cepat membantu mengurangi rasa sakit.

3. Merica

Merica merupakan bahan dapur yang dapat mengobati sakit gigi

Merica ditambah dengan garam, keduanya dicampur ke dalam air hangat. Setelah itu diaduk sampai kental lalu tempelkan pada gigi berlubang selama 15 menit.

4. Daun Jambu biji

Daun jambu biji dapat mengobati sakit gigi

Ambil beberapa helai daun biji, lalu di kunyah. Atau bisa di sangrai, dan di tumbuk halus , lalu di tempelkan pada bagian yang sakit

5. Cabe rawit

Cabai mengandung senyawa Capcasain yang dapat mengobati sakit gigi

Ambil beberapa biji cabai, larutkan cabai rawit dalam air hangat lalu tuangkan ke kapas. Setelah itu diperas di area gigi berlubang.

6. Minyak Cengkeh

Minyak Cengkeh mengobati sakit gigi

Minyak cengkeh berkaitan dengan antimikroba, antiseptic, antijamur, dan afrodisiak. Hal ini tentu berguna untuk mengobati rasa sakit pada gigi yang berlubang.

Cara penggunaannya sederhana dengan ditaruh pada kapas lalu tempelkan pada gigi yang berlubang. Atau dengan meneteskan minyak cengkeh pada air hangat lalu berkumur berkali-kali.

Demikian sharing, merawat sakit gigi di rumah dengan bahan yang mudah kita temui di sekitar rumah kita. Jika sakit berlanjut, sebaiknya cepat ke dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya obat – obat tersebut hanya sebagai penahan rasa sakit saja. Permasalahan utama nya adalah gigi berlubang anda, dimana di bawah gigi tersebut terdapat banyak syaraf yang sensitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Hello , apakah bisa saya bantu?
Hi, Can I help you?
Thanks